Tuesday, October 10, 2017

5 Makanan Khas Wonosobo Yang Wajib Kamu Coba!

Sedang berwisata di Dieng?
Sedang berada di Wonosobo?
Atau punya rencana berkunjung kesana?

5 Makanan Khas Wonosobo ini sangat sayang jika kamu terlewat mencicipinya!

1. Mie Ongklok

Mie ongklok
Mie Ongklok di Alun Alun Wonosobo

Baca juga : 7 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA YANG BIKIN KAMU MELONGO SAKING TAKJUBNYA

"Kamu belum ke Wonosobo kalau belum mencicipi Mie Ongklok"
Mie Ongklok adalah makanan khas dari Wonosobo, entah mengapa Mie ini rasa nya bikin banyak orang kangen. Yang unik sekaligus ciri khas dari Mie ini yaitu Kuah nya yang kental. Cita rasa yang ditawarkan begitu beragam karena dibuat dengan racikan khusus mengunakan Kol, potongan Daun Kucai dan Kuah Kental Berkanji. Mie ini biasanya disantap bersama Sate Sapi. Mie Ongklok ini dapat dengan mudah kamu temukan di Alun Alun Wonosobo

Bahkan kini mie ongklok ada yg instan loh!

Infomarsi Pemasanan FB : Ari Icii IG : @kuliner_dieng

2. Nasi Megono

Nasi megono
gambar dari sini

Baca juga : Jurang Tembelan Rasakan Sensasi Ala Film Titanic

Nasi Megono adalah makanan khas dari Wonosobo walaupun juga bisa kamu temukan di Pekalongan tentu berbeda kedua nya memiliki ciri khas, Nasi Megono ini memiliki citarasa yang kuat dari kencur sebagai salah satu bahan bumbunya. Makanan ini di buat mengunakan ikan teri dan beberapa jenis sayuran. Rasa yang menonjol adalah pedas dan gurih, selain itu bisa ditambah dengan petai yang membuat rasa dan aroma dari nasi megono menjadi lebih istimewa.

3. Carica

Carica
gambar dari sini

Baca juga : Gokil! Video Indonesia Menang Di Kompetisi Video Pariwisata Dunia

Carica adalah Manisan khas Dataran Tinggi Dieng yang sekilas mirip Pepaya dalam ukuran mini. Berbeda dengan Pepaya yang memiliki warna Orange ketika sudah matang, Buah Carica justru memiliki warna Kekuningan ketika sudah matang. Buah carica ini hanya bisa ditumbuh di ketinggian lebih dari 2.000 MDPL.

Manisan Carica memiliki cita rasa masam namun segar bercampur dengan rasa manis. Manisan ini juga beraroma harum yang khas sehingga menambah kesegaran manisan buah ini. Sangat Mudah Menemukan Carica ini terutama ditoko yang menjual oleh oleh khas Wonosobo.

4. Tempe Kemul

Tempe kemul
gambar dari sini

Baca juga : Curug Citambur - Salah Satu Air Terjun Tertinggi

Tempe Kemul dari namanya tentu kamu tau bahan dasar yang digunakan adalah tempe, yang dilumuri tepung lalu digoreng. Dalam pembuatannya Tempe Kemul ini hampir Mirip dengan Tempe Mendoan, namun Tempe Kemul dari Wonosobo ini memiliki ciri khas yang berbeda terutama pada ukurannya. Pada Tempe Kemul ukurannya sedikit lebih kecil. Selain itu Tempe Kemul memiliki warna agak kekuningan karena adonan khusus yang digunakan. Tempe Kemul ini juga teksturnya lebih renyah karena di goreng kering. Makan ini sangat mudah ditemukan di Wonosobo banyak Penjual Goreng yang menjual Tempe Kemul.

5. Geblek

Geblek
Gambar dari sinil

Baca juga : Curug Ciampea Dan Green Lagoon Bogor

Geblek adalah makan khas Wonosobo yang dibuat menggunakan Pati Singkong Basah dan Parutan Kelapa, sehingga menumbulkan rasa gurih, jika di sajikan pada saat masih panas, Teksturnya empuk seperti Cireng makanan khas dari Jawa Barat, Jika Geblek sudah dingin, maka teksturnya akan berubah menjadi Sedikit keras dan alot. Geblek ini dapat dengan mudah ditemukan di Warung Makanan pinggir jalan Kota Wonosobo